Review Buku Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul Karya Abunnada


Judul Buku
:
Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul
Penulis
:
Abunnada
Penyunting
:
Abu & Ummu Abbas; Ustadz Nasir bin 'Amr, Lc.; Kirana Reine Khanifa; Indra Ristianto
Illustration, Layout
:
Abunnada
Penerbit
:
Penerbit Ahlan Pustaka Umat
Kota Terbit
:
Tangerang
Tahun Terbit
:
2020, Cetakan Kedua
Tebal Buku
:
V + 116 Halaman
Harga Buku
:
-
Ukuran Buku
:
17 cm x 24 cm
ISBN
:
9786237447016
Rate Pribadi
:
5/5

"Setiap kisah dalam Al-Qur'an mengandung pelajaran bagi orang-orang beriman" 

"Kisah Shahih Para Nabi dan Rasul" merupakan salah satu buku karya Abunnada yang berisi puisi tentang kisah para nabi dan rasul dalam Al-Qur'an berdasarkan Kitab Ibnu Katsir. Sejauh ini, buku-buku karya beliau yang saya beli tidak mencantumkan profil singkat beliau, tapi beliau aktif di Instagram dengan username @abun_nada. Beberapa karya beliau yang lainnya adalah "Sejenak Jeda dari Letih Dunia (Sebuah Komik Dewasa)", "Bintang-bintang yang Terang", dan masih banyak lagi.

 Buku ini berisi tentang kisah para nabi dan rasul yang dikemas dalam bentuk puisi. Kenapa puisi? Beliau mengungkapkan bahwa menurut Syaikh Utsaimin rahimahullah menyatakan "Pada umumnya, puisi lebih mudah dihafal dan tahan lama." Puisi bukan sekadar seni merakit kata, tetapi juga mengasah rasa. Kemudian, puisi bukan hanya soal asmara pemuda dan pemudi, bukan pula sekadar lirik untuk disenandungkan dalam lagu-lagu yang melalaikan jiwa. Maka dari itu, beliau berusaha meringkas dan menyederhanakan penyampaian kisah para nabi dan rasul untuk anak-anak dalam bentuk bait-bait puisi. Apakah buku ini hanya untuk anak-anak? Tidak. Orang dewasa pun bisa membacanya. Buku ini memiliki catatan kaki yang menunjukkan sumber rujukan yaitu Al-Qur'an. So, puisi-puisi di buku ini tidak ditulis asal-asalan atau lahir dari khayalan!

Buku ini menceritakan kisah dari para nabi dan rasul, yaitu Nabi Adam AS; Nabi Idris AS; Nabi Nuh AS; Nabi Hud AS; Nabi Shalih AS; Nabi Ibrahim AS; Nabi Ismail AS; Nabi Luth AS; Nabi Syu'aib AS; Nabi Ishaq AS; Nabi Yusuf AS; Nabi Ayyub AS; Nabi Zulkifli AS; Nabi Yunus AS; Nabi Musa AS yang ditambahkan pula Kisah Sapi Bani Israil; Nabi Khidhir AS; Nabi Ilyas AS; Nabi Ilyasa AS; Nabi Nabi Hizqiyal AS; Nabi Syamuel AS; Nabi Dawud AS; Nabi Sulaiman AS; Nabi Danial AS; Nabi Uzair AS; Nabi Zakariya AS; Nabi Yahya AS; Nabi Isa AS; dan tentu saja Nabi Muhammad SAW. Adakah yang masih merasa asing dari deretan nama para nabi dan rasul di atas? Jujur, saat pertama kali baca buku ini, saya baru tahu kalau ada kisah dari Nabi Hizqiyal AS, Nabi Syamuel AS, Nabi Danial AS; dan Nabi Uzair AS. Alhamdulillah, melalui buku ini, saya bisa mengetahuinya. InsyaaAllah, melalui buku ini kita akan mendapatkan pelajaran yang sangat berharga serta perlahan-lahan dapat memperbaiki hati, amal, dan akhlak kita.

Tampilan Isi Buku (Sumber: Dokumen Pribadi)

Hal-hal yang saya sukai dari buku ini adalah buku ini berisi puisi yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya karena bersumber dari Al-Qur'an dan tidak dibuat secara asal-asalan. Puisi cerita yang disusun dengan kata-kata yang indah juga dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan unik! Ilustrasinya menggambarkan salah satu adegan ikonik di setiap kisahnya. Cover-nya unik dan banyak motifnya, mungkin sekilas seperti sampul buku iqra dan juz amma yang biasanya untuk mengaji (?). Bahasanya mudah dipahami anak-anak apalagi orang dewasa.

Buku ini saya kasih rating 5/5! Buku ini bisa dibaca oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Semoga buku ini bisa menjadi amal jariyah bagi penulis dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Aamiin. Okay, sekian review dari saya dan kesimpulannya adalah buku ini sangat direkomendasikan untuk mengisi perpustakaan pribadi kita. Selamat membaca!

Komentar

Postingan Populer

Review Buku SELENA dan NEBULA Karya Tere Liye

Review Buku 100 Dosa Perempuan yang Sering Dianggap Sepele Karya Angga Priatna

Review Buku Halaqah Cinta Karya @teladanrasul