Tips Suka Membaca Buku - Menemukan Buku yang Tepat Untukmu

Image by Veronika Andrews from Pixabay

"If you don't like to read, you haven't found the right book." (Kalau kamu tidak suka membaca, kamu belum menemukan buku yang tepat) - J. K. Rowling

Ketika kamu sedang mencari "tips suka membaca buku" di mesin pencari web, maka "Selamat kawan!", kamu telah memiliki modal pertama, yaitu niat untuk menjadi orang yang gemar membaca buku. Apakah kamu sudah memiliki niat, tetapi masih belum suka membaca buku? Oke, itu berarti kamu belum menemukan buku yang tepat untukmu seperti kata penulis terkenal, J. K. Rowling. Sekarang muncul pertanyaan, "Bagaimana cara menemukan buku yang tepat?". Nah, insyaaAllah, melalui tulisan ini, saya akan memberikan beberapa tips menemukan buku yang tepat berdasarkan pengalaman pribadi selama ini. OK, let's go!

Pertama, berkunjunglah ke perpustakaan terdekatmu, bisa di sekolah, perpustakaan daerah, atau perpustakaan pribadi temanmu yang suka membaca buku. Coba rasakan suasana "surganya para pecinta buku" dan mulai mencoba membaca buku-buku yang menarik perhatianmu. Siapa tahu kamu menemukan buku yang menjadi "cinta pertama"-mu.

Image by Michal Jarmoluk from Pixabay

Atau kamu tidak punya waktu luang untuk mengunjungi perpustakaan? Tenang, ada solusinya, kok. Kamu bisa install aplikasi iPusnas di Play Store. Sedikit informasi, iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dilengkapi fitur-fitur media sosial dan memiliki banyak koleksi e-book, baik non fiksi maupun fiksi dari berbagai genre. Sistemnya seperti perpustakaan pada umumnya, yaitu meminjam dengan batas waktu tertentu. Apabila sudah mencapai batas waktunya, e-book secara otomatis akan dikembalikan oleh sistem. Dengan iPusnas, kita bisa membaca e-book secara gratis dan legal, serta dapat dibaca secara online maupun offline!

Image by Jurgen Schmidtlein from Pixabay

Keduatentukan apa yang ingin kamu peroleh dari aktivitas membacamu. Apakah kamu ingin menambah pengetahuan? Atau hanya ingin mencari hiburan? Atau malah keduanya sekaligus? Jika kamu ingin menambah pengetahuan, kamu bisa mencoba dengan membaca buku-buku non fiksi. Buku non fiksi pun ada berbagai genre, seperti biografi, autobiografi, ensiklopedia, sejarah, agama, sains, motivasi, serta kerajinan dan hobi. Jika kamu hanya ingin mencari hiburan, kamu bisa mencoba dengan membaca buku-buku fiksi seperti novel dan komik. Buku fiksi juga ada berbagai genre seperti romantis, fantasi, fiksi ilmiah (sci-fi), horor, misteri atau thriller, petualangan, fanfiction, historical, dan realistic fiction.

Image by Milada Vigerova from Pixabay

Terakhir, jika kamu memiliki ketertarikan terhadap suatu hal, cobalah membaca buku-buku yang terkait dengan hal-hal yang kamu sukai. Misalnya, kamu suka berkebun, maka kamu bisa mencoba dengan membaca buku-buku tentang gardening; jika suka menonton film horor, maka kamu bisa membaca novel-novel bergenre horor; jika suka pelajaran sejarah, maka kamu bisa membaca buku biografi tokoh sejarah favoritmu; jika suka seni menggambar, maka kamu bisa membaca buku-buku berilustrasi; dan seterusnya.

- BONUS -

Sebelum saya akhiri tulisan ini, saya ingin menceritakan tentang perjalanan saya menjadi orang yang suka membaca buku. Dulu, saat masih duduk di bangku sekolah dasar, sekolah saya telah selesai membangun gedung perpustakaan baru. Maka, iseng-iseng mampirlah saya ke sana setiap jam istirahat pertama. Dari sanalah, saya akhirnya menemukan buku-buku pertama yang membuat saya "jatuh cinta" dengan buku. Buku-buku tersebut adalah kumpulan cerita rakyat nusantara, series Putra Sang Fajar (2006) karya Sari Pusparini Soleh, dan series 100% Pintar (2005) karya Neil Morris. Masing-masing memiliki ilustrasi yang menarik. Mungkin, karena saya suka menggambar sejak kecil, mata saya otomatis langsung tertarik saat melihat buku yang banyak ilustrasinya. 

Image by congerdesign from Pixabay

Saking sukanya, saya sampai mencatat pesan moral atau amanat setiap cerita rakyat yang telah selesai dibaca, kata-kata mutiara dari series Putra Sang Fajar, dan fakta-fakta menarik dalam series 100% Pintar ke dalam buku tulis yang saat itu saya namakan buku "Peggy". Saat ini pun, buku "Peggy" masih saya simpan di rak buku sebagai bukti awal perjalanan saya menjadi pecinta buku. Setelah membaca series Putra Sang Fajar, saya mulai menyukai pelajaran sejarah Indonesia dan menjadikan Ir. Soekarno sebagai salah satu pahlawan nasional favorit saya saat itu. Kemudian, setelah membaca bukunya Neil Morris, saya termotivasi untuk membaca buku ensiklopedia. 

Image by Kerttu from Pixabay

Saat SMP, saya mulai mencoba membaca novel dan ternyata saya suka! Judul-judul novel pertama yang membuat saya suka baca novel adalah tetralogi Laskar Pelangi (2005-2008) karya Andrea Hirata dan trilogi Negeri 5 Menara (2009-2011) karya Ahmad Fuadi. Seiring berjalannya waktu, saya jadi suka novel genre romantis setelah membaca Tahajud Cinta di Kota New York (2016) karya Arumi E.; suka novel genre fantasi setelah membaca Bumi (2014) karya Tere Liye; dan suka buku majalah setelah membaca Majalah Elfata yang diberikan oleh sahabat baik saya, C!

Kemudian, saya jadi suka buku biografi setelah membaca series The Amazing Rasulullah (2018-2020) karya Sayf Muhammad Isa; suka buku non fiksi islami setelah membaca Islam Rahmatan lil alamin (2017) karya Hafidz A., Felix Siauw, dan Tim @YukNgajiID; suka komik islami setelah membaca series 33 Pesan Nabi (2016) karya vbi_djenggotten; suka novel terjemahan setelah membaca Red Queen (2016) karya Victoria Aveyard; suka novel metropop dan city lite setelah membaca Miss Pesimis (2017) karya aliaZalea dan Dirt on My Boots (2017) karya Titi Sanaria; dan suka buku sejarah Islam setelah membaca The Untold Islamic History (2021) karya Edgar Hamas. Mungkin ke depannya akan tambah lagi genre buku yang disukai. Hehe. Siapa tahu, kan?

Image by Mireia Pascual Molla from Pixabay

So, jika kamu ingin menjadi orang yang suka membaca buku, cobalah untuk membaca buku-buku dari berbagai genre sehingga pada akhirnya akan mendapat jawaban, "Oh, ini dia kriteria-kriteria buku yang tepat atau cocok untukku!". Okay, itulah beberapa tips menemukan buku yang tepat untukmu dan sedikit kisah perjalanan saya menyukai buku. Semoga bermanfaat! See ya!

Komentar

Postingan Populer

Review Buku SELENA dan NEBULA Karya Tere Liye

Review Buku 100 Dosa Perempuan yang Sering Dianggap Sepele Karya Angga Priatna

Review Buku Halaqah Cinta Karya @teladanrasul